Tugas Akhir Pembuatan Vlog Pembatik Level 4 2021 Kalimantan Barat
Assalamualaikum wr.wb
Halo, Sahabat rumah belajar. Alhamdulillah. Tak bosan-bosannya kita selalu mengucapkan syukur kepada Allah SWT yang memberikan napas kehidupan, yang memberikan nikmatnya yang tak dapat dihitung banyaknya.
Tak terasa pelatihan pembatik level 4 ini akan segera berakhir. Dengan ini saya paparkan, tugas akhir pembaTIK Level 4 tahun 2021 adalah pembuatan vlog. Vlog ini dibuat dengan melibatkan siswa dan materi yang disampaikan sesuai dengan mapel yang diampu dan berbasis kearifan lokal masyarakat di daerah saya.
Pada awal september 2021 kemarin, daerah sambas memasuki daerah zona kuning yang artinya, semua sekolah yang ada di kabupaten sambas boleh untuk melaksanakan pembelajaran secara tatap muka dan tetap menerapkan protokol kesehatan. Sesuai dengan edaran bupati sambas bahwa pembelajaran secara tatap muka dilaksanakan dengan membagi kelas menjadi dua sesi. Di sekolah tempat saya mengajar yaitu SMA AMKUR PEMANGKAT, pembelajaran tatap muka selalu dilaksanakan pada siang hari yaitu masuk pukul 13.00 dan pulang pada pukul 17.15. Karena lokasi SMA AMKUR menggabung dengan SMP AMKUR PEMANGKAT. Sehingga SMP AMKUR PEMANGKAT dijadwalkan pada pagi hari.
Saya sangat tertarik dengan materi vlog ini. Mengapa? Karena sebagian besar siswa-siswa SMA AMKUR PEMANGKAT bersuku Tiong Hoa. Dengan ini saya ingin memperkenalkan kepada mereka, seni dan budaya masyarakat melayu sambas yang pada umumnya mungkin mereka belum mengetahuinya. Tema yang saya angkat kali ini adalah siswa mencari dan menggali informasi tentang beberapa kerajinan masyarakat kabupaten sambas yang produknya masih diminati oleh masyarakat maupun juga ada yang sudah diimpor ke daerah lain. Mereka akan mencari perkiraan berapa banyak produksi yang dapat dihasilkan para pembuat kerajinan dalam satu bulan. Kerajinan masyarakat yang saya tugaskan kepada siswa ada empat macam, yaitu 1) kerajinan kain tenun sambas, 2) kerajinan anyaman rotan, 3) kerajinan tikar pudak dan 4) kerajinan atap rumbia
Adapun tujuan pembelajaran pada vlog ini adalah :
1) siswa dapat menyajikan suatu data statistik perkiraan jumlah produksi kerajinan masyarakat kabupaten sambas tersebut dalam satu bulan.
2) siswa dapat membuat data tunggal berbobot
3) siswa dapat membuat diagram lingkaran
4) siswa dapat membuat diagram batang
5) siswa dapat membuat diagram garis
Dalam pembelajaran kali ini saya membagi siswa menjadi 4 kelompok. Kemudian saya juga mengintegrasikan pembelajaran menggunakan portal rumah belajar.
Adapun Langkah-langkah dalam pembelajaran kali ini adalah sebagai berikut:
- Saya membagi siswa menjadi 4 kelompok, setiap kelompok mendapatkan satu kerajinan dari 4 kerajinan yang sudah ditentukan
- Siswa diberi waktu 5 menit untuk mencari dan menggali informasi mengenai kerajinan masyarakat sambas tersebut melalui google dan video youtube.
- Setelah mereka mendapatkan informasi yang jelas kemudian mereka mempresentasikan secara singkat, dari mana asal kerajinan tersebut di produksi, bahan yang digunakan, cara pemasaran, harga jual serta perkiraan jumlah produksi dalam sebulan
- Nah, setelah mereka memperoleh data statistik perkiraan jumlah produksi kerajinan dalam sebulan, maka saya meminta mereka untuk menyebutkan jawaban setiap kelompoknya banyak perkiraan jumlah produksi kerajinan tersebut dalam sebulan.
- Setelah data semua terkumpul maka saya pun mensimulasikan data tersebut dibuat ke dalam sebuah data tunggal berbobot.
- Dari data tunggal berbobot tersebut maka siswa juga akan dapat membuat diagram lingkaran, diagram batang dan diagram garis secara beurutan.
Sebelum siswa membuat diagram lingkaran, diagram batang dan diagram garis maka disini saya mensimulasikan cara mengakses portal rumah belajar agar mengetahui cara membuat diagram lingkaran, diagram batang dan diagram garis dari fitur Buku Sekolah Elektronik yang ada di website Rumah Belajar atau dari aplikasi android dengan cara sebagai berikut:
- login ke website rumah belajar https://belajar.kemdikbud.go.id atau membuka aplikasi Rumah Belajar melalui android yang sudah diinstal.
- Kemudian mereka mencari fitur Buku Sekolah Elektronik lalu mengklik Buku SMA kemudain membacanya karena file sudah berbentuk pdf
- Selain membuka fitur Buku Sekolah Elektronik, siswa juga diarahkan membuka fitur Bank Soal pada laman Rumah Belajar untuk pengayaan soal.
Siswa sangat antusias sekali mengikuti pembelajaran sampai selesai. Karena ini salah satu metode yang jarang dilakukan sebelumnya apalagi memepelajari seni dan budaya masyarakat melayu sambas pada umumnya.
Saya berharap setelah melaksanakan pembelajaran ini, siswa semakin merasa ingin tahu seni dan budaya masyarakat sambas di kabupaten sambas apalagi mereka yang bersuku Tiong Hoa.
Demikian narasi pembelajaran kali ini, semoga bermanfaat untuk kita semua. Semua kegiatan terekam dalam video youtube berikut.
VIDEO YOUTUBE
kunjungi link youtubenya untuk View, Like dan Comment
#DutaRumahBelajar2021
#RumahBelajar2021
#BerbagiTIK
#pusdatinkemdikbud #kemdikbud_ri
#pusdatinkemdikbud #kemdikbud_ri
#MerdekaBelajar #GuruBerbagi
#pembatik2021 #gurupenggerak
#pembatiklevel1 #pembatiklevel2
#pembatiklevel3 #pembatiklevel4
#dutarumahbelajar #belajardarirumah
#rumahbelajar #tvedukasi # suaraedukasi
#radioedukasi #TIK #guru #Indonesia








0 komentar:
Posting Komentar